Komponen Sistem Informasi Manajemen

jasa maket creator, jasa pembuatan maket creator

Supaya dapat menyampaikan informasi yang diperlukan secara efektif kepada pihak pengelola, SIM memiliki komponen yang diperlukan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mengambil informasi kapan pun saat dibutuhkan.

Dilansir dari Cleverism, untuk mencapai semua itu SIM menggunakan empat komponen berikut:

1. Sistem informasi

Seperti nama sistem ini, SIM menggunakan komponen sistem informasi untuk mendapatkan informasi yang tepat.
Komponen ini membantu dalam pengumpulan data yang disimpan dalam SIM. Sistem informasi juga memungkinan karyawan untuk bisa mendapatkan data dengan cepat sehingga berhasil mendapatkan informasi yang diperlukan.
Kendati demikian, karyawan tentu harus memahami ilmu sistem informasi dengan baik supaya dapat menyambungkan hal tersebut dengan bisnis perusahaan.

2. Sistem manajemen basis data

Komponen yang satu ini terdiri dari program komputer yang membantu dalam penyimpanan dan pengambilan data, termasuk database fisik di mana informasi akan disimpan setelah ditemukan oleh pengguna
Ada dua jenis sistem manajemen basis data yang dapat digunakan di dalam SIM berdasarkan jumlah data yang perlu proses dan disimpan di dalam sistem.
  • sistem manajemen basis data kecil yang dapat diakses diperangkat komputer biasa
  • sistem manajemen basis data besar dan lebih kompleks sehingga membutuhkan mesin yang lebih besar seperti komputer mainframe

3. Sistem intelijen

Sistem intelijen identik dengan pemrosesan data yang dikumpulkan dan disajikan dengan cara yang mudah dipahami. Komponen ini tentu sangat cocok digunakan karena tidak terlalu rumit.
Kunjungi juga web lainnya jasa pembuatan maket
Mulai dari pemrosesan data hingga penyajian data dirancang dengan sedemikian rupa sehingga sang pengelola mempunyai waktu untuk membuat keputusan yang tepat terhadap bisnisya.
Terkadang, komponen ini disebut sebagai intelijen bisnis, di mana hanya butuh logika dan pengetahuan manusia untuk merumuskan solusi yang cepat untuk sebuah masalah yang sedang dihadapi.

4. Sistem penelitian

Komponen ini berkaitan dengan pengidentifikasian masalah-masalah manajemen utama dalam organisasi serta menyimpulkan sebuah keputusan alternatif yang sekiranya sudah cukup dalam situasi tertentu.
Dengan demikian ini membantu kamu memastikan bahwa semua opsi yang ada dapat dianalisis serta menghasilkan keputusan yang terbaik.


Sumber glints*

Tidak ada komentar