Pengertian Jasa
Jasa sering kali dipandang sebagai fenomena yang rumit. Kat a jasa ( service ) mempunyai banyak arti, mulai dari pelayanan pribadi ( personal service ) sampai dengan pengertian jasa sebagai produk. Menurut Kotler dalam Lupiyoadi (2009:6) pengertian jasa adalah set iap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan a papun. Produksi jasa bisa berkaitan dengan produk fisik atau sebaliknya.
Menurut Alex dalam Wijaya (2012: 5) pengertian jasa
adalah produk ti dak berwujud yang melibatkan perbuatan, kinerja, atau usaha
yang sec ara fisik tidak dapat dimiliki. Berdasarkan beberapa definisi jasa di
atas menurut para ahli, maka dapatdisimpulkan bahwa jasa pada dasarnya tidak
berwujud, tidak menghasilkan kepemilikan, terdapat interaksi antara penyedia
jasa dengan pengguna jasa, sertadapat memberikan kepuasan konsumen yang untuk
memenuhinya, terkadangmemerlukan adanya penggunaan benda nyata yang berwujud.
Karakteristik Jasa
Menurut
Griffin dalam Lupiyoadi (2009:6) karakteristik jasa terbagi menjadi :
- Intangibility
(Tidak Berwujud). Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dira ba, didengar,
atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting d ari hal ini adalah
nilai tak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kenikm atan,
kepuasan dan kenyamanan.
- Unstorability(Tidak
Dapat Disimpan). Jasa tidak mengenal persediaanatau penyimpanan dari
produk yang telah dihasilkan. Karakteristik inidisebut jugainseparability(tidak
dapat dipisahkan), mengingat padaumumnya jasa dihasilkan dan dikonsumsi
secara bersamaan.
- Cuztomization.
Jasa sering kali di desain khusus untuk memenuhikebutuhan pelanggan.
Lihat juga :
- Pihak-Pihak
yang Terlibat dalam Distribusi & Pengiriman
- Pengertian dan
Syarat Sahnya Perjanjian
- Prinsip-Prinsip
Tanggung Jawab Pada Umumnya
- Dokumen Penerimaan
Barang Masuk
- Fungsi Yang Terkait
Dalam Sistem Akuntansi Aset Tetap
- Dokumen yang
digunakan Pada Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas
- Sistem Pengendalian
Internal Pengeluaran Kas
- Unsur-Unsur
Pengendalian Internal Siklus Pengeluaran Kas
- Pengertian Prosedur
Menurut Para Ahli
- Sistem Akuntansi
Pembelian Bahan Baku
- Fungsi yang Terkait
dengan Sistem Akuntansi Pembelian
- Jaringan Prosedur
yang Membentuk Sistem Akuntansi Pembelian
- Dokumen-Dokumen yang
Digunakan Dalam Perusahaan Dagang
- Unsur Pengendalian
Internal Terhadap Sistem Pembelian
- Mengukur Kepuasan
Pelanggan Menurut Para Ahli
- Kualitas Jasa
Terhadap Kepuasan Konsumen
- Pengertian Kepuasan
Konsumen Menurut Para Ahli
- Faktor – Faktor yang
Mempengaruhi Kepuasan Konsumen
- Pengertian Pemasaran
Menurut Para Ahli
- Langkah-Langkah
Penyusunan Instruksi Kerja
-
Post a Comment