Bisnis Kurir

Pengertian kurir sebagaimana dinyatakan oleh The oxford dictionary (1954), “courier as “An organization that provides a special delivery for parcels,documents etc.”(dalam Somasundaram, Balasubramani, & Krishnamoorthy, 2013, p. 108). Berdasarkan definisi tersebut, bisa dijelaskan bahwa bisnis kurir pada dasarnya adalah bisnis pengantaran barang atau dokumen yang dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan. Penekanan dalam pengertian ini didasarkan pada jenis layanan yang diberikan yaitu layanan penghantaran dari satu tempat (pengirim) ke tampat yang lain (penerima).

Menurut Tabassum & Ahmed (2014), “A courier is a person or a company who delivers messages, packages, and mail” (p. 2). Pada dasarnya seorang kurir adalah seseorang (individu) atau perusahaan yang mengantarkan pesan, bingkisan, dan mail. Cakupan dari bisnis kurir beragam, sebagaimana dinyatakan oleh Tabassum & Ahmed (2014), “Different courier services operate on all scales, from within specific towns or cities, to regional, national and global services” (p. 2). Bisnis kurir bisa mencakup wilayah dalam satu kota, satu negara, regional maupun layanan global (berbagai negara). Cakupan dari bisnis setiap kurir disesuaikan dengan jaringan pasar yang telah dibangun oleh setiap perusahaan kurir. Kunjungi juga ekspedisi jakarta kalimantan utara

Noordin, Hasnan, & Osman (2011, p. 206) menjelaskan pengertian dari cakupan bisnis kurir berdasarkan dua kategori, yaitu: multi modal courier servicesdan other courier services. Deskripsi dari dua kategori bisnis kurir tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Multi modal courier services
    Layanan yang melibatkan transportasi dan layanan hantaran, untuk tujuan dalam negeri maupun luar negeri, parcel atau bingkisan, yang dibawakan oleh kurir dan menggunakan satu atau lebih moda transport.
  2. Other courier services
    Layanan pengiriman barang seperti dengan penggunaan truk atau layanan transfer tanpa adanya pergudangan.

Layanan utama dari bisnis kurir adalah jasapengiriman (penghantaran) sehingga pembeda dari bisnis ini terletak pada kecepata pengiriman. Menurut Agu, Nwoye, & Ogbuokiri (2015), “Courier services usually boast of faster delivery times than any alternative method of transporting documents, and many services in the modern world” (p. 56). Pendapat ini mengungkapkan bahwa bahwa pada umumnya pembeda dari layanan kurir adalah kecepatan pengiriman dibandingkan dengan metode pengiriman yang lain dalam hal pengiriman dokumen dan jasa pengiriman barang lainnya. Lihat juga tautan berikut ekspedisi jakarta kalimantan barat

Agu, Nwoye, & Ogbuokiri (2015, p. 2) menyatakan bahwa dalam layanan kurir moderen dilengkapi dengan sebuah sistem yang mampu mendukung proses layanan. Kunjungi juga ekspedisi dari jakarta ke kalimantan tengah. Sistem tersebut adalah mobile courier service systemyaitu sebuah sistem di mana semua transaksi pengiriman barang bisa dilakukan melalui mobile phone. Sistem tersebut mampu memberikan informasi mengenai bagaimana prosedur penfiman maupun pembiayaan, maupun tanggal barang yang dikirim akan sampai pada tujuan.

ada awalnya, proses dimulai dari check service dan di dalamnya termasuk penentuan biaya jasa dan penentuan tanggal dan waktu pengiriman. Pada proses selanjutnya adalah request service dari pengirim melalui register parcel dan agen kurir menerima pembayaran atas barang yang dikirimkan. Proses selanjuutnya adalah dispacth service yaitu proses pengiriman, kemudian proses selanjutnya adalah tracking yaitu penelusuran pengiriman barang sehingga bisa diketahui posisi dari barang yang dikirimkan. Proses terakhir adalah feedback service yang melibatkan sub proses: penerimaan barang oleh penerima, pengiriman notifikasi, dan laporan dokumen.

 

Kunjungi juga tautan berikut :

 

Tidak ada komentar