Pengertian Apa itu App Store Optimization?

jasa maket creator

App Store Optimization (ASO), atau dikenal juga dengan App Store Marketing dan Mobile App SEO berfungsi meningkatkan keterlihatan/visibilitas aplikasi milik  suatu brand pada App Stores dengan cara meningkatkan ranking pada mesin pencarian app stores tersebut, sehingga mempermudah seseorang untuk menemukan dan mengunduh aplikasi yang kita tawarkan.
Semakin banyak yang mengunduh aplikasi tersebut berarti lebih banyak user dan hal ini dapat berarti juga; lebih banyak revenue bagi brand.
Pada dasarnya, ASO adalah cara brand supaya bisa mendapatkan ranking yang tinggi pada pencarian app stores, tetapi ASO ini juga memfokuskan pada click-through rate (CTR). Dan tujuan utama dari ASO biasanya selalu meningkatkan jumlah download, tetapi ada pula beberapa tujuan lain, seperti,
  • Meningkatkan brand exposure.
  • Mendapatkan review dan rating yang postif.
  • Meningkatkan engagement dari audiens.
  • Menambah keberagaman channel marketing.




ajasa maket creator

Mengapa ASO penting

Hampir setiap brand saat ini berlomba untuk mengembangkan aplikasi pada mobile phone dengan harapan lebih cepat terhubung dengan para pelanggan. Dan hal tersebut, membuat semakin banyaknya persaingan antar aplikasi yang dikembangkan. Tentunya ini akan menambah tantangan bagi aplikasi yang kita kelola agar bisa ditemukan oleh para calon pengguna.
Apalagi, saat ini ada lebih dari 5 juta aplikasi yang tersedia baik itu pada Apple App Store maupun Google Play Store. Karena itu, ASO menjadi satu teknik yang penting diterapkan oleh brand, sehingga aplikasi mereka lebih mudah ditemukan dan diunduh masyarakat. Dengan begitu, brand akan lebih mudah dan cepat berinteraksi dengan para pelanggan, dan aplikasi yang dikembangkan dapat membantu brand untuk mendapat kepercayaan masyarakat dan mendorong bisnis yang dikelola.





Sumber:academy.getcraft.com

Kunjungi juga web lainnya:



Tidak ada komentar