Peran Layanan Jasa Pengiriman Barang


Jasa pengiriman barang merupakan tempat untuk pengiriman barang logistik. Jasa pengiriman barang mempunyai peran yang sangat penting karena banyaknya penduduk yang saling mengirim barang dari tempat yang berjauhan. Perkembangan dalam dunia pelayanan jasa yang semakin berkembang dengan cepat serta bersifat global menyebabkan terjadinya persaingan yang semakin ketat. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan kualitas pelayanan, harga dan promosi diantara sekian banyaknya perusahaan pengiriman barang. Perusahaan berkompetitif untuk memperoleh daya tarik konsumen agar menggunakan jasanya secara berkala sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Tujuan perusahaan dapat dicapai melalui upaya memuaskan konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan tidak semata-mata hanya menekankan pada aspek transaksi namun justru lebih berfokus pada aspek relational. Kepuasan konsumen merupakan suatu hal yang sangat berharga demi mempertahankan eksistensi perusahaan di masa yang akan datang. Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan akan menghasilkan puas tidaknya seseorang pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Hal ini berarti bahwa kinerja kualitas yang baik bukanlah berdasarkan sudut pandang pihak penyedia jasa, melainkan berdasarkan sudut pandang pengguna jasa, yaitu konsumen.

Tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan. Apabila persepsi dibawah harapan, maka konsumen akan merasa tidak puas, bila kinerja sesuai dengan harapan, maka konsumen akan merasa cukup puas, sedangkan bila kinerja melebihi harapan, konsumen akan merasa puas. Kepuasan konsumen adalah evaluasi konsumen terhadap suatu produk atau jasa, apakah produk atau jasa tersebut sesuai dengan harapan dan kebutuhannya (Zeithaml, 2009).


Kunjungi juga web lainnya yang melayani Jasa Pengiriman Barang dari Jogja ke Jawa Barat:


Tidak ada komentar