Kualitas Layanan Pengiriman
Dalam memberikan kepuasan bagi pelanggan peran pelayanan sangatlah penting. Layanan yang diberikan oleh perusahaan akan menjadi tolak ukur bagi konsumennya. Jika layanan yang diberikan baik maka konsumen akan merasa puas tapi jika tidak maka konsumen tidak akan puas. Maka dari itu kualitas dari pelayanan perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan guna memberikan jasa kepada konsumennya. Layanan yang dapat memberikan kepuasan bagi konsumen akan mendatangkan keuntungan pula bagi perusahaan. keuntungan yang didapat oleh perusahaan bukan hanya sekedar keuntungan penjualan saja, tapi juga nama baik perusahaan akan terangkat. Konsumen yang merasa puas dengan layanan yang diberikan akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan tersebut. Lihat juga ekspedisi jakarta palu
Definisi dari pelayanan adalah setiap tindakan atau
perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada
dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan
kepemilikkan sesuatu (Kotler, 2000). Sedangkan pengertian pelayanan atau jasa
menurut Gronroos (2000) adalah proses yang terdiri dari serangkaian aktifitas
intangible yang biasanya (namun tidak harus selalu) terjadi pada pelanggan dan
karyawan jasa dan atau sumber daya fisik dan barang dan atau system penyedia
jasa, yang disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan.
Perusahaan harus berupaya memberikan layanan yang
berkualitas kepada pelanggan agar dapat memberikan kepuasan bagi mereka. Layanan yang berkualitas adalah
layanan yang dapat memenuhi ekspektasi dari pelanggan. Kualitas adalah
kecocokan untuk memenuhi pemakaian (fitness for use) (Tjiptono, 2008:83).
Kecocokan adalah kondisi pemenuhan kebutuhan pelanggan yang berhubungan dengan
produk, jasa, proses dan lingkungan yang dapat memenuhi ekpektasi pelanggan.
Kualitas layanan yang dapat memenuhi ekpektasi
pelanggan akan memberikan kepuasan. Hal itu sejalan dengan pengertian yang
dikeumukakan oleh Parasuraman, et al. (1985) yang mengatakan bahwa ada dua
faktor utama yang mempengaruhi kualitas jasa yaitu expected service dan
perceived service, apabila jasa yang diterima atau dirasakan (perceived
service) sesuai dengan yang diharapkan (expected service), maka kualitas jasa yang
dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika jasa yang diterima melampaui ekspekyasi
pelanggan, maka kualitas jasa yang dipersepsikan sebagai kualitas yang ideal.
Sebaliknya jika jasa yang diterima lebih rendah dari ekspektasikan pelanggan
maka jasa dipersepsikan buruk.
Kualitas layanan pengiriman sama halnya dengan
kualitas layanan distribusi yang artinya adalah nilai saluran pemasaran dalam
menyerahkan produk (barang atau jasa) dari produsen ke konsumen.
Post a Comment