Cara Memakai Instagram Insights


Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan Instagram marketing adalah Instagram Insights. Instagram Insights (Instagram Analytics) adalah fasilitas analitik yang diberikan oleh Instagram untuk pemilik akun bisnis. Dengan memakai Instagram Analytics, kita bisa mendapatkan berbagai data terkait kinerja akun Instagram kita. Contoh data yang bisa didapat misalnya:
  • data demografi pengikut akun Instagrammu,
  • data jangkauan dan engagement pada konten Instagram,
  • data jumlah tayangan profil Instagram,
  • dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Data dari Instagram Analytics?

Ada banyak bentuk pemanfaatan data Instagram Insights yang bisa kita lakukan. Misalnya:
  • Kamu bisa makin memahami kebutuhan pengikut. Berdasarkan data engagement pada konten, kamu bisa tahu konten seperti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pengikut. Setelah tahu kesukaan dan kebutuhan audiens, maka kamu bisa buat konten-konten semacam itu.
  • Kamu bisa tahu profil pengikut. Melalui data gender, lokasi, dan rentang usia, kamu punya gambaran seperti apa pengikutmu di Instagram. Pemahaman tentang profil ini akan membantumu menyusun rencana konten ataupun strategi promosi ke depannya.
  • Kamu bisa menguji efektivitas strategi konten ataupun strategi promosi yang kamu jalankan. Melalui data-data seperti jumlah likes, jumlah komentar, jumlah save, jumlah kunjungan profil, jangkauan, dan data-data lain, kamu bisa mengevaluasi strategi konten dan promosi yang kamu lakukan. Dengan demikian, Instagram Analytics dapat menjadi tool yang membantumu melakukan evaluasi pada strategi Instagram marketing yang kamu jalankan.

Tidak ada komentar