Cara Pemasaran Digital Marketing

5 Channel Digital Marketing Paling Menguntungkan untuk Bisnis ...
Pandangan umum terhadap berbagai macam Organic Channel (saluran organik) dalam digital marketing terdiri dari tiga hal, mulai dari search engine optimization (SEO), Social Media Organic, dan Email Marketing. Kita akan membahasnya satu per satu.

SEO
Skalabilitas: Tinggi
Penargetan: Behavioral
Biaya/CAC: Tinggi untuk jangka pendek, rendah untuk jangka panjang
SEO adalah salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs web dalam hasil pencarian organik (gratis) sebuah mesin pencari, khususnya Google.

Sangat penting untuk memahami perbedaan antara hasil organik dan berbayar (atau Google Ads), karena masing-masing hasil pencarian sangatlah independen dan tidak dapat disamakan. Dalam menjalankan SEO, target kamu adalah mencapai peringkat tertinggi dalam hasil organik, bukan berbayar.

SEO adalah salah satu saluran pemasaran yang paling berpengaruh, memiliki skalabilitas yang tinggi, serta dapat dimanfaatkan oleh hampir segala jenis bisnis. Untuk memulainya, memang butuh banyak pekerjaan dan saluran tersebut sangat sulit untuk dikuasai sepenuhnya. Namun, jika berhasil melakukannya, hal tersebut akan menjadi salah satu pilar utama pemasaran daring kamu.

Saat ini di Indonesia belum banyak SEO Specialist yang hebat. Oleh karena itu, terdapat peluang yang besar bagi para SEO Marketer untuk menjadikan saluran ini sebagai fokus utama untuk memasarkan perusahaan.

Contoh waktu yang tidak tepat untuk fokus ke SEO:

Saat kamu memerlukan hasil yang cepat atau instan. SEO membutuhkan waktu sebelum mulai membuahkan hasil. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan SEO untuk hasil jangka panjang.
Saat produk kamu masih sangat baru atau inovatif, sehingga tak banyak orang yang melakukan pencarian. Dalam kasus ini, sebaiknya kamu jangan melakukan penargetan berdasarkan niatan seseorang atau behavioral targeting seperti Google/SEO. Akan lebih baik jika kamu melakukan penargetan berdasarkan demografik atau demographic targeting.
Sumber-sumber untuk mempelajari SEO

Di internet, terdapat banyak konten mengenai SEO yang tidak dapat dipercaya dan dapat mengajarkan hal yang salah. Sumber terbaik di Internet untuk mempelajari dasar-dasar SEO adalah The Beginner’s Guide to SEO oleh Moz.

Kami menyarankan kamu untuk membaca bab pertama, SEO 101, yang akan memberikan kamu pandangan umum mengenai apa itu SEO dan mengapa SEO sangat penting bagi segala jenis perusahaan daring.

Social Media Organic
Skalabilitas: Rendah
Penargetan: Demografik
Biaya/CAC: Rendah
Saat kamu melihat sebuah perusahaan mengunggah konten di halaman Facebook atau membagikan Instagram Story, kamu sedang menyaksikan kampanye pemasaran lewat media sosial (social media marketing) perusahaan tersebut.


Sumber: id.techinasia.com


Kunjungi juga web lainnya:

Tidak ada komentar