Pengertian Optimasi Mesin Pencari SEO

jasa maket creator murah

Optimasi mesin pencari, atau search engine optimization (SEO), telah menjadi salah satu istilah paling populer dalam bidang pemasaran dan pembuatan konten. SEO diproyeksikan menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling prospektif saat ini. Menurut Statista, 32 persen pemasar global percaya bahwa SEO akan mendatangkan return of investment (ROI) tinggi dibanding saluran-saluran pemasaran lainnya.

Melihat peningkatan peran SEO dalam pengembangan bisnis secara online, penting bagi kita untuk mengetahui dasar-dasar cara kerjanya. Namun, sebelum mendalami SEO, kita harus mengetahui bagaimana search engine seperti Google mendata dan menyortir situs web.

Cara kerja search engine

Secara garis besar, search engine atau mesin pencari memiliki dua fungsi utama, yaitu:
Mengumpulkan laman web dalam indeks, dan
Menyajikan daftar laman web yang relevan dengan pencarian para pengguna.
Mesin pencari seperti Google menyusun indeks menggunakan program komputer bernama crawler. Tiap crawler bertugas mengunjungi laman web dan mengumpulkan data seperti URL, judul, hingga tag atau kata kunci. Setelah itu, crawler akan pindah ke laman-laman lainnya melalui tautan yang tercantum di laman tersebut, melakukan pendataan serupa, dan seterusnya.





Kunjungi juga web lainnya:

Tidak ada komentar