Definisi Pengiriman
Definisi pengiriman adalah kegiatan mendistribusikan produk barang dan jasa produsen kepada konsumen. Pengiriman adalah kegiatanpemasaran untuk memudahkan dalam penyampaian produk dari produsen kepada konsumen. Manfaat pengiriman berdasarkan definisi sebelumnya adalah kegiatan pengalih pindah tangan kepemilikan suatu barang atau jasa. Kegiatan pengiriman menciptakan arus saluran pemasaran atau arus saluran pengiriman. Distributor adalah orang yang melaksanakan kegiatan pengiriman. Distributor bertugas menghubungkan antara kegiatanproduksi dan konsumsi.
Menurut Mikael (2016) kegiatan penpengirimanan secara
tidak langsung secara actual sudah sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari
–hari, dari kebanyakan pihak produsen sendiri tidak mampu untukmenangani
masalah pengiriman tanpa dibantu oleh beberapa penyedia jasa pengiriman itu
sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut produsen tentunya membutuhkan
mitra bisnis yang mumpuni untuk menangani penyaluran pengiriman yang baik agar
produk dan jasa yang diberikan dapat dengan cepat diraskan dampaknya oleh
konsumen selaku target pasar dari produsen itu sendiri. Lihat juga ekspedisi Jakarta
gorontalo
Dalam konsep pengiriman ada dua hal yang berperan
mensukseskan pengiriman, yaitu produsen dan konsumen. Dimana produsen sebagai
bagian prinsipal berperan agar suatu produk dapat dipengirimankan secara
merata. Sementara untuk sudut pandang konsumen sendiri ingin mendapatkan produk
atau jasa yang ditawarkan dengan mudah. Kedua sudut pandang ini yang memiliki
benang merah berupa kedekatan dan kemudahan.
Dalam mengelola manajemen pengiriman
terdapat dua sistem yang beredar yaitu :
- Paradigma
Lama, menjabarkan penentuan target penjualan untuksetiap alur pengiriman
lebih menyesuaikan pada produsen. Dalamparadigma ini pihak prinsipal
memiliki wewenang dalammelaksanakan serta menyusun permintaan dari mitra
bisnis dalamhal penngiriman barang atau jasa. Kunci keberhasilan pengirimanadalah
SCP (spreading,coverage,penetration).
- Paradigma
Baru, determinasi permintaan dan penjualan produkatau jasa berasal dari
kebutuhan pelanggan, jadi pihak prinsipalsebagai sarana pemenuhan sejumah
produk atau jasa yang sesuaidengan permintaan dari konsumen. Keberhasilan
dapat diraihdengan Difofet (delivery in full on time error free).
Post a Comment