Pengertian Distribusi dan Pengiriman
Pengertian Distribusi
Lingkup aktivitas bisnis sangatlah luas. Akan
tetapi pada dasarnyaaktivitas tersebut terdiri dari produksi, distribusi, dan
konsumsi.Masing-masing aktivitas ini memiliki teori tersendiri. Salah satunyaadalah
distribusi yang mana aktivitas distribusi ini berarti pemindahantempat barang
atau jasa dari produsen ke konsumen.
Dalam usaha untuk memperlancar arus barang dan
jasa dariprodusen ke konsumen, maka faktor penting yang tidak bolehdiabaikan
adalah memilih secara tepat saluran distribusi (channel ofdistribution).
Keputusan perusahaan dalam memilih saluran
distribusi akanmenentukan bagaimana cara produk yang dibuatnya dapat
dijangkauoleh konsumen. Perusahaan mengembangkan strategi untukmemastikan bahwa
produk yang didistribusikan kepada pelangganberada pada tempat yang tepat.Untuk
itu perlu adanya pemahaman tentang saluran distribusi yangtepat dalam sebuah
usaha. Saluran distribusi adalah saluran yangdigunakan oleh produsen untuk
menyalurkan produk sampai ke konsumen atau berbagai aktivitas perusahaan yang
mengupayakanagar produk sampai ke tangan konsumen.
Lihat juga ekspedisi
jakarta timika
Dalam kegiatan distribusi terdapat pihak yang
disebut distributor.Distributor adalah orang atau lembaga yang melakukan
kegiatandistribusi atau disebut juga pedagang yang membeli/mendapatkanproduk
barang dagangan dari tangan pertama (produsen) secaralangsung. Dalam melakukan
kegiatan pemasaran dan penjualan barang,distributor melakukan pembelian barang
dagangan ke produsen.Dengan adanya jual beli tersebut kepemilikan barang
berpindah kepadapihak distributor. Kemudian barang yang telah menjadi
miliknyatersebut dijual kembali kepada konsumen.
Distributor dapat berupa pedagang atau makelar.
Pedagang adalahseseorang atau lembaga yang membeli dan menjual barang
kembalitanpa merubah bentuk dan tanggungjawab sendiri dengan tujuan
untukmendapatkan keuntungan. Pedagang ini dapat dibedakan menjadi duayaitu
pedagang besar dan pedagang eceran. Pedagang berhak untukmenentukan harga atau
keuntungan yang diinginkan. Namun pedagangtidak diperkenankan untuk berbuat
zalim yang dapat menjerumuskanpembeli.
Pengertian
Pengiriman
Definisi pengiriman adalah kegiatan
mendistribusikan produkbarang dan jasa produsen kepada konsumen. Pengiriman
adalah kegiatanpemasaran untuk memudahkan dalam penyampaian produk dari
produsenkepada konsumen. Manfaat pengiriman berdasarkan definisi
sebelumnyaadalah kegiatan pengalih pindah tangan kepemilikan suatu barang
ataujasa. Kegiatan pengiriman menciptakan arus saluran pemasaran atau
arussaluran pengiriman. Distributor adalah orang yang melaksanakan
kegiatanpengiriman. Distributor bertugas menghubungkan antara kegiatanproduksi
dan konsumsi.
Menurut Mikael (2016) kegiatan penpengirimanan
secara tidaklangsung secara actual sudah sering kali dijumpai dalam kehidupan
sehari– hari, dari kebanyakan pihak produsen sendiri tidak mampu untukmenangani
masalah pengiriman tanpa dibantu oleh beberapa penyedia jasapengiriman itu
sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut produsententunya membutuhkan
mitra bisnis yang mumpuni untuk menanganipenyaluran pengiriman yang baik agar
produk dan jasa yang diberikandapat dengan cepat diraskan dampaknya oleh
konsumen selaku targetpasar dari produsen itu sendiri.
Dalam konsep pengiriman ada dua hal yang
berperanmensukseskan pengiriman, yaitu produsen dan konsumen. Dimanaprodusen
sebagai bagian prinsipal berperan agar suatu produk dapatdipengirimankan secara
merata. Sementara untuk sudut pandangkonsumen sendiri ingin mendapatkan produk
atau jasa yang ditawarkandengan mudah. Kedua sudut pandang ini yang memiliki
benang merahberupa kedekatan dan kemudahan.
Post a Comment